Fri. Apr 16th, 2021

VAR Akan Terus Digunakan Dalam Sepak Bola

sumber foto: https://www.thenational.ae/
marjinbola.com  – Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam sepakbola akan terus digunakan. Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan tidak ada alasan tidak menggunakan VAR. Kesuksesak penerapan VAR dalam sepakbola yaitu saat piala dunia 2018 dan sudah mulai digunakan di Serie A.
“VAR adalah pengalaman kemenangan, sesuatu yang saya tidak akan tinggalkan untuk apa pun di dunia,” kata Infantino di Globe Soccer di Dubai.
Meski bergitu pada awal penggunaan VAR sempa banyak menuai prokontra. Meski tidak sedikit juga yang merasa terbantu dengan adanhya VAR.
“Pada awalnya, saya harus jujur ​​dan mengatakan saya sedikit skeptis. Ada tes dan pada akhirnya semua orang membicarakannya dan sekarang semua orang menginginkannya. “Karena itu bisa saja memecah permainan, tetapi pada akhirnya itu membuat permainan lebih adil,” ujar Infantino seperti di kutip dari football-italia.net
Penerapan teknologi ini dengan harapan bisa menbantu wasi sebagai pengadil lapangan yangt tidak jarang juga menuai kontroversi dalam pengambilan keputusannya. Sehingga semua berharap VAR ini bisa menjadikan sebuah pertandingan yang lebih adil.
“Jika itu bisa membantu wasit, mengapa tidak? Sekarang dengan semua teknologi ini, orang tahu jika keputusan itu benar, kecuali wasit. Oleh karena itu, meskipun ada beberapa kritik, kami memahami bahwa VAR adalah bagian integral dari kesuksesan Piala Dunia,”
Kemungkinan besar melihat kesuksesan piala dunia 2018 lalu VAR juga akan kembali digunakan pada piala dunia 2022 di Qatar. Apalagi piala dunia yang akan datang dengan jumlah peserta yang lebih banyak yaitu 48 tim.
“Diskusi bukan jika tetapi ketika kita akan memiliki Piala Dunia 48-tim,” tambahnya.
“Kami juga memikirkan Asia, yang akan memiliki peserta dua kali lebih banyak. Itu berarti banyak negara akan berinvestasi dalam sepak bola untuk mencapai Piala Dunia, dan itu hal yang baik,”
Hal ini menunjukan komitmen FIFA yang akan terus menggunakan VAR untuk menghasilkan pertandingan sepakbola yang bersih dan suportif dari segala kontroversi. Meski tidak sedikit juga pihak yang mengkritik penggunaan VAR ini.