Sun. Oct 25th, 2020

Marjin Bola

More than football

Barcelona Resmi Datangkan Jeison Murillo dari Valencia

2 min read
Barcelona resmi meminjam Jeison Murillo dari Valencia hingga akhir musim 2018/19. Kesepakatan tersebut juga disertai opsi permanen senilai 25 juta euro. Menurut laman resmi kesebelasan, Murillo telah menjalani tes medis dan rencananya akan diperkenalkan kepada publik Blaugrana pada Kamis (27/11) dengan detail lebih lanjut.
Murillo memiliki kesempatan bermain yang sangat terbatas di Valencia. Semenjak didatangkan dari Internazionale Milan pada musim panas tahun lalu, Murillo tampil sebanyak 20 kali. Musim ini, Murillo hanya diturunkan sebanyak tiga kali oleh manajer Valencia, Marcelino Garcia. Padahal statistik Murillo tidak buruk. Sebagai bek tengah bertipe ball playing defender, Murillo memiliki rataan umpan sukses yang relatif tinggi, yakni 94 persen. Selain itu, Murillo juga memiliki rataan 1,5 tekel sukses dan 4,5 clearance per laga.
Hal itulah yang menjadi penyebab manajer Barcelona, Ernesto Valverde, tertarik untuk memboyongnya. “Murillo adalah pemain bagus yang dapat membantu kami dan menjadi bagian penting dari kami sehingga kami akan maju dan berharap yang terbaik,” ujarnya seperti dilansir Marca.
Di samping kualitas Murillo, cederanya bek tengah mereka, Samuel Umtiti dan Thomas Vermaelen, juga menjadi penyebab utama Valverde menambah amunisi baru di lini belakang. Jika tidak merekrut Murillo, mantan manajer Olympiakos tersebut hanya memiliki Gerard Pique dan Clement Lenglet di posisi bek tengah.
Valverde yakin bahwa Murillo adalah solusi jangka pendek yang tepat bagi masalah lini belakang Barca. “Kami harus bergerak cepat, solusi ini sangat mendesak dan sudah berjalan dengan baik, karena kami pikir dia [Murillo] adalah pemain hebat,” tuturnya seperti dilansir El Pais.
“Kami berada dalam momen yang sulit dengan bek tengah kami dan sejauh ini kami telah berhasil dengan baik, tetapi kami tidak tahu bagaimana itu akan maju. Kami memperhitungkan situasi klub dan kami menginginkan seseorang yang dipinjamkan yang bisa bermain segera dan yang tahu liga dengan baik.”
Selain itu, Valverde mengungkapkan bahwa peminjaman Murillo juga didasari oleh kehendak manajemen kesebelasan yang tidak mau menghamburkan banyak dana di bursa transfer musim dingin. Dengan meminjam pemain, Barcelona tidak akan mengeluarkan biaya besar. “Jika kami memiliki 100 juta euro untuk diletakkan di atas meja dan membawa seorang pemain yang bermain di awal, itu tidak akan terjadi sekarang,” ujarnya.
Saat ini, Barcelona kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan perolehan 34 poin dari 16 laga; hasil dari 10 kemenangan, 4 hasil imbang dan dua kekalahan. Barcelona akan menjalani laga terakhirnya di tahun 2018 dengan meladeni perlawanan Celta Vigo pada pekan ke-17 La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (23/12) dini hari WIB.
Untuk Murillo sendiri, dirinya baru boleh bermain setelah pendaftaran pemain bursa transfer musim dingin dibuka, yakni per 1 Januari 2019. Walau begitu, meski belum bisa bermain ketika Barca menghadapi Celta, Murillo diperbolehkan mengikuti latihan tim, di mana ia sudah melakukannya per Jumat (21/12).